Minggu, 12 Desember 2010

SISKOM JURNAL 4 dan 5

TIPS MEMILIH RAM

Memory premium seperti Corsair Dominator, OCZ reaper, Team Extreme, A-Data Extreme jika di perhitungkan akan lebih mahal dari pada memory dari produsen Visipro atau Vgen. Tetapi jika Anda membandingkan 2 jenis memory yang dilihat dari merk tersebut dengan mencoba masing-masing dari RAM tersebut, akan sama juga rasanya. Kenapa? Dimana letak perbedaaanya?
Yang membedakan kinerja dari masing-masing RAM tersebut adalah jenis chip yang digunakan. Jadi, para produsen membeli chip tersebut dari produsen lain dan membuat atau me-relabel chip tersebut. Intinya ada kemungkinan juga merek berbeda seperti Apacer, Visipro, Vgen, dll mempunyai chip yang sama.
Perbedaan kinerja pada saat standar tidak akan terasa, mungkin hanya akan terasa pada saat benchmark memory. Tetapi pada penggunaan sehari-hari tidak akan terasa perbedaan kecepatannnya dengan memory standar value seperti Visipro value, Vgen value dll. Untuk value RAM kebanyakan yang beredar di pasar menggunakan IC (chip) Samsung dan Hynix (Hyundai). Nama chip dengan mudah dilihat di atas IC yang menempel di memory.
Mungkin akan lebih susah untuk mengetahui nama chip pada beberapa memory premium, bisa di sebabkan karena memory tertutup heatsink dan beberapa diantaranya tidak mengijinkan pembukaan heatsink-nya (alasan garansi).
Memilih RAM yang mempunyai kinerja bagus tidaklah dilihat dari mereknya atau bentuk fisik dan harganya. Kalau harga RAM sampai 1 juta sekalipun dengan heatsink macem-macem dan bentuk yang terlihat sangar tapi dijalanin default, bukankah itu sia-sia? Punya RAM jutaan dengan heatsink macem-macem tapi chipnya Hynix atau samsung juga sama aja dibohongi.
Yang perlu diperhatikan adalah karakteristik dari chip yang dipakainya, itulah yang akan menentukan kinerja dari RAM. Dan perlu diperhatikan juga, bahwa kinerja seluruh RAM apabila dijalankan default adalah sama. Bedanya pada saat benchmark default, itupun juga dengan point terpaut sedikit. Jadi percuma dong kita membeli RAM bagus tapi dijalanin default. Kualitas RAM yang biasanya dilambangkan dari harga-nya dapat dilihat dari kemampuannya untuk berjalan di timing ketat dan juga frekuensi tinggi (overclocking).
Jika Anda ingin membeli RAM, silahkan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika keperluannya untuk pemakaian sehari-hari (default), jangan memaksakan diri untuk membeli RAM yang menggunakan chip sangar (bagus), yang masuk dalam kategori Overclocking Edition. Anda bisa menggunakan RAM yang value kan lebih hemat. Tapi jika ingin digunakan untuk tujuan overclocking, silahkan membeli RAM yang chipsetnya bagus dan didukung pendingin heatsink, kipas sekalian kayak produknya corsair. Catatan, jangan terpengaruh Heatsink untuk membeli RAM.

CARA SHARING DATA VIA WIRELES

WINDOWS 7

laptop A dan B

hidupkan dulu wifi laptop A.
buka network and sharing center.
pilih set up new connection or network
pilih yg paling bawah (posisi mungkin berubah) set up a wireless ad hoc

isi network name
pilih tipe securitinya (jika pengen cepat pilih no autentication), jika pilih yg lain harus set password dulu.
trus next
tunggu bentar.

hidupkan wifi laptop B

sekarang lihat ko laptop B, pasti ada signal wifi dengan nama yg dibuat buat pada laptop A.
sekarang koneksikan laptop B ke laptop A. (jika tadi disettingnya menggunakan password. Isikan password sesuai dengan yang dibuat)

setelah konek, DRIVE atau direktori tempat file yang mau dikirim di share.

jika data ada pada laptop A, letaknya di drive D. (drive D pada laptop A disahre)
caranya, klik kanan pada drive D, pilih properties, pilih sharing.pilih advance sharing. pilih share this folder.

kemudian laptop B mengambil data tersebut dengan cara
buka explorer klik network trus cari laptop A kemudian masuk dan ambil data tersebut
sekedar menambahkan, biar lebih gampang antar laptop kasi IP aja di wireless-nya, biar enak bisa langsung tembak IP Addressnya, misal laptop A IP addressnya 192.0.0.1, laptop B IPnya 192.0.0.2, laptop C IPnya 192.0.0.3, dst jika ada banyak laptop trus ntar klo mau tembak IP addressnya, di bagian address windows explorer-nya ketik seperti ini:
jika mau buka folder sharing di laptop C, ketik "\\192.0.0.3" tanpa tanda petik

WINDOWS XP

First Step (lewat komputer dulu untuk membuat koneksi Ad-hoc alias peer-to-peer)

1. Pilih Start – Control Panel – Network Connection – lalu klik kanan pada Wireless Network Connection – Pilih Properties
2. Pilih tab Wireless Network dan pastikan opsi ‘Use Windows to configure my wireless network setting’ telah dicentang
3. Klik Add pada kolom Preferred Networks, isikan nama koneksi pada kolom isian SSID (contoh: Adhoc_W960)
4. Pada kolom Wireless network key, pilih Open pada pilihan Network Authentication
5. Pilih Disabled pada pilihan Data encryption
6. Centang opsi ‘this is a adhoc network; wireless access points are not used.

Second Step (setting IP dan sharing file/folder pada PC/Laptop)

Setting IP buat wireless secara umum sama kayak setting IP pada LAN.
1.Pilih Start – Control Panel – Network Connection – lalu klik kanan pada Wireless Network Connection – Pilih Properties
2.Pilih TCP/IP, pilih properties lalu isikan IP untuk koneksi, misalkan disini gue isi 192.168.1.5, subnet mask 255.255.255.0
3.Kalo sudah tekan Ok
4.Tinggal klik kanan pada file/folder yang mau dishare, pilih sharing and security (contoh: gue ingin share drive D dan E pada PC gue)
5.Centang pilihan ‘Share this folder on network’ untuk meng-share, sedangkan untuk pilihan ‘Allow network users to change my files’ untuk membatasi hak akses atas file/folder tersebut. Kalo udah, tekan Ok.


Third Step (setting file/folder sharing W960)

Untuk dapat berbagi file/folder antar sistem operasi yang berbeda (W960 pake Symbian, sedangkan target OS Windows) dibutuhkan sebuah software yang dapat menjembataninya. Terdapat tiga software diantaranya paderSYNC, MobileFTPd dan SymSMB. Namun software terakhir yang akhirnya menjadi pilihan gue karena mampu menjembatani koneksi antara Symbian – LINUX – OSX – Windows. Untuk keterangan lebih lanjut tentang kemampuan masing-masing software tersebut silahkan mampir ke website vendornya.

1.Install SymSMB versi UIQ 3.10 (masih versi trial tapi tidak mengurangi kemampuannya kok )
2.Kalo ngga berhasil menginstal, coba baca postingan sebelumnya tentang Hack W960
3.Jika berhasil, buka aplikasi tersebut lalu pilih My phone – kemudian pilih file/folder yang ingin dishare. (contoh: gue ingin nge-share folder music pada MC henpon, gue masuk ke D: lalu gue centang folder music)
4.Pilih More – Add Share. Kemudian tentukan nama file/folder yang ingin di share tersebut, pilih done
5.Pilih Yes pada wisaya New Permissions, kemudian silahkan atur perizinan atas file/folder yang ingin dishare. Jika sudah pilih done

Fourth Step (Menjalankan koneksi sharing)

Pada laptop
1. Klik Start – Connect to – Wireless Network Connection lalu akan tampil wisaya dengan tampilan di bawah ini

Pada henpon W960

1. Masuk ke menu WLAN, pilih new – connection – Wlan, aktifkan Wlan
2. Lakukan scanning hingga muncul koneksi Adhoc_W960 yang telah dibuat pada PC/laptop, kemudian pilih connect
3. Lalu ada wisaya Setup account, pilih Yes
4. Pilih More – TCP/IP – IP config pilih IPv4, isikan dengan IP 192.168.1.4 (harus dalam satu range dengan IP laptop) lalu 255.255.255.0 pada Netmask, pilih save
5. Pilih next, lalu save
6. Pada wisaya selanjutnya pilih No karena kita tidak menggunakan koneksi internet (hanya share data saja)
7. Lalu pilih connect lagi, hingga ada notifikasi connected pada hendpon dan laptop


Selanjutnya;

1. Masuk aplikasi SymSMB, pilih control panel lalu pilih connections
2. pilih more – new kemudian isikan nama (misalkan W960), untuk kolom workgroup biarkan saja, namun jika domain laptop/PC bukan workgroup maka harus disesuaikan.
3. Pada pilihan Access point, pilih sesuai dengan nama koneksi yang sudah dibuat sebelumnya, misalkan tadi adalah Adhoc_W960. Lalu pilih done
4. Kemudian kembali ke layar sebelumnya maka akan ada tampilan koneksi W960, pilih start, tunggu hingga tampilan W960 menjadi W960 (192.168.1.4)

Fifth Step (Saling berbagi file/folder)

Pada laptop

Klik Start – Run – ketik “\\“, misalkan tadi \\W960, kemudian akan tampil file/folder yang dishare

Kemudian coba mengkopi sebuah file musik ke folder tersebut.
Dan Voila!, File tersebut sukses dikopikan ke henpon menggunakan Wifi

Pada henpon W960

Masuk aplikasi SymSMB, pilih network neighbourhood lalu pilih koneksi yang telah dibuat, Adhoc_W960. Lalu akan tampil semua komputer yang terdaftar pada domain WORKGROUP (W960 untuk henpon sedangkan Workahol-5eece6 untuk laptop)

Kemudian pilih Workahol-5eece6, dan dapat kita lihat semua folder yang dishare pada PC/laptop
Selanjutnya coba mengunduh sebuah file musik dari laptop

Dan Voila again!, file musik telah berhasil dikopi dari laptop ke henpon.

Ps: Jika tidak menggunakan koneksi Ad-hoc/peer-to-peer anda dapat langsung share file/foldernya, tinggal tembak IP-nya saja.

0 Comments:

 

© 2007 | Design by M.Eko Wahyudi



e-Te .M.Eko Wahyudi


---[[ Skip to top ]]---